Rabu, 26 Januari 2011

Port IDE/FDD/SATA

Port paralel IDE : Port paralel IDE mempunyai kaki 40 pin yang berfungsi menancapkan kabel IDE yang terhubung ke harddisk dan CD-Rom, CD-RW, DVD-Rom, dan DVD-RW

Port floppy disk (FDD) : Port FDD ini mirip dengan port paralel IDE, tetapi hanya terdiri atas 34 pin yang berguna sebagai tempat meletakkan kabel FDD yang terhubung dengan floppy disk.


Konektor SATA (Serial ATA) :Merupakan konektor yang digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan media simpan data harddisk dengan type konektor SATA.
Perbedaan yang sangat mencolok dari konektor harddisk SATA dibandingkan dengan konektor harddisk PATA)atau IDE  adalah penampilan Kabel.Kabel SATA biasanya kecil (sekitar 8mm) namun bisa mentransmisikan data sepanjang 1 meter.
Konektor untuk kabel power SATA juga berbeda dibandingkan dengan menggunakan harddisk PATA.


Panel Connection : Bagian ini berisi beberapa konektor yang berhubungan dengan panel depan pada casing PC,seperti tombol power,tombol reset ,power LED,HDD LED,speaker ,dan lain sebagainya.


Konektor Power : Konektor ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan motherboard.
FireWire : adalah adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama I Link. Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWireIEEE 1394 dan i Link) sama-sama menunjuk pada jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB


 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar