Minggu, 23 Januari 2011

Motherboard

Definisi Motherboard
Motherboard adalah salah satu komponen dari Rangkaian Komputer, Komponen tersebut dinamakan Motherborad karena memang komponen ini merupakan komponen utama dari rangkaian CPU, jadi motherboard dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Papan Induk atau papan utama.
Bermacam-macam jenis, keunggulan dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh pembuat motherboard tersebut. Lalu bagaimana cara memilih motherboard yang baik dan sesuai dengan keinginan kita ?. Nah bila pertanyaan anda seperti itu coba Anda ikuti semua tips dan informasi berikut ini.

Bagian-Bagian Motherboard
Dalam sebuah motherboard terdapat beberapa bagian penting yang saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.

Chipset
Chipset adalah nama untuk sekumpulan chip (set of chip) yang digunakan di mo therboard.Pada PC yang
diciptakan pertama kali ,motherboard menggunakan discrete intregated circuits.Sehingga banyak chip yangdibutuhkan untuk membuat rangkaian supaya komputer bekerja .
Seiring perjalanan waktu ,produsen chip mulai mengintregasikan atau menggabungkan beberapa chip menjadi chip – chip lebih besar .Alhasil ,daripada menggunakan banyak chip kecil ,motherboard sekarang dapatdibuat cukup menggunakan beberapa chip besar.
Intregasi pun treus bergulir dan sekitar pertengahan 19 90 motherrboard mengunakan hanya 2 atau bahkan satu chip saja .Pada mainboard 486 sekitar tahun 1995 menggunakan hanya 2 hip besar dengan sejumlah fungsi yang menjadikan motherboard bekerja .
Seiring dengan dirilisnya PCI bus konsep baru , yang masih dipakai saat ini , pun dikenalkan dan
digunakan kali pertama .Yakni pemakaian bridge .Biasanya motherboard ditanami 2 chip besar : north bridge dan south bridge .Terkadang beberapa produsen chip menggabungkan atau mengintregasikan north bridge dan south bridge dalam satu chip besar ; dalam hal motherboard mempunyai hanya satu sirkuit terpadu.
 Ada banyak jenis chipset dalam teknologi ini,misal:VIA,Sis,nVidia,dan lain-lain.
Ada 2 jenis chipset dalam motherboard yaitu:
1)North Bridge
Main Controller yang mengatur jenis prosesor,mengatur kecepatan memory dan jenisnya,menjamin suport AGP,dan bandwidth pada BUS datanya.
2)South Bridge
 I/O Controller yang mengatur kecepatan transfer harddisk,dukungan feriferal antarmuka USB,firewire,dukungan terhadap onboard sound card dan modem,dukungan integrated terhadap I/O,dan perangkat keras monitoring.

Slot/Soket Prosesor
Slot/Soket ini merupakan tempat untuk meletakkan prosesor.jenis slot atau soket yang ada pada motherboard harus sesuai dengan prosesor yang digunakan.Jenis slot pada saat ini sudah tidak digunakan lagi,jenis ini hanya pada prosesor generasi Intel Pentium II,generasi awal pentium III,generasi intel Celeron,generasi awal AMD Athlon. Motherboard terbaru telah menggunakan soket yang cukup mudah digunakan sehinggan tidak membutuhkan obeng untuk memasang ataupun membukanya.Namun,dalam memasang dan membuka harus tetap berhati-hati karena ada beberapa kapasitor berada cukup dekat dengan soket yang bukan yang tidak mungkin akan tersentuh dan akan mengakibatkan kerusakan pada motherboard.
                                                              Gambar Soket prosesor

 Slot Ekspansi
Slot Ekspansi merupakan tempat unuk menempatkan beberapa card tambahan seperti VGA Card,Sound Card,LAN Card,Modem ,dan sebagainya.Slot Ekspansi pada main board ada beberapa jenis rancangan dan tingkat kecepatan dalam mengolah dan mengakses data informasi.Jenis-jenis slot ekspansi adalah : 
1.Slot ISA (Industry Standard Architecture)
Slot ISA adalah slot yang digunakan pada komputer XT dan AT dan mempunyai dua slot,yaitu:
• Slot ISA 8 bit adalah slot yang dapat melakukan transfer data dengan saluran (bus data)8 bit umumnya berwarna hitam dan hanya memiliki satu kanal.
• Slot ISA 16 bit adalah slot yang dapat melakukan transfer data dengan saluran(bus data) 16 bit.Slot ISA 16 bit umumnya berwarna hitam dan memiliki dua kanal.
                                                                 Gambar ISA Slot


2)Slot EISA 
Slot EISA adalah slot yang digunakan untuk mempercepat graphic adapter slot EISA dapat melakukan transfer data dengan saluran (bus data)32 bit


                                                                  Gambar Slot EISA



3)Slot VLB (Vesa Local Bus)

Slot VESA (Video Electronic Association) Local Bus adalah slot yang memiliki desain lokal dan digunakan untuk mempercepat graphic adapter.Slot EISA dapat melakukan transfer data dengan saluran (bus data)32 bit.Umumnya slot ini berwarna hitam-coklat dan memiliki tiga kanal.
4)Slot PCI(Perpheral Component Interconnect) 
adalah slot yang menggunakan standar bus lokal yang dikembangkan oleh Intel Corporation.sebagian besar PC sekarang menambahkan bus PCI 
disamping menggunakan bus lain yang lebih umum,ISA.Slot PCI dapat melakukan transfer data dengan saluran(bus data)32 bit dan 64 bit,slot PCI biasa dipakai untuk VGA Card type lama Sound Card,LAN Card,Modem,TV Card,dan lain sebagainya.Umumnya slot ini berwarna putih dan memiliki dua  kanal. 

PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistim komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem 

dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

Ini adalah kecepatan lebar data maximun dari PCI
Kecepatan Max
PCI-ex 1x 250 MB/s
PCI-ex 2x 500 MB/s
PCI-ex 4x 1000 MB/s
PCI-ex 8x 2000 MB/s
PCI-ex 16x 4000 MB/s
PCI-ex 32x 8000 MB/s
    Gambar. Slot PCI dan PCI Express   

5)Slot AGP(Accellerated Graphics Port)

Bus AGP, singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.
Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, karena beberapa alasan teknis.
Spesifikasi AGP Diperkenalkan Kecepatan Tegangan Maksimum troughput
1x Juli 1996 66 MHz (1 x 66 MHz),  32 bit 3.3 Volt 266 MByte/detik
2x Juli 1996 133 MHz (2 x 66 MHz), 32 bit 3.3 Volt 533 MByte/detik
4x Mei 1998 266 MHz (4 x 66 MHz), 32 bit 1.5 Volt 1066 MByte/detik
8x November 2000 533 MHz (8 x 66 MHz), 32 bit 1.5 Volt 2133 MByte/detik


                                                                   Gambar Slot AGP
6)Slot AMR (Audio Modem Riser)
Slot AMR merupakan slot yang dipergunakan untuk modem dengan dukungan audio.Slot AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode)yang diperlukan untuk operasi modem dengan dukungan audio
7)Slot CNR (Comunication Network Riser)
Slot CNR merupakan slot yang dipergunakan untuk jaringan (network)

                                                                  Gambar Slot CNR



8)Slot Memory

Slot memori adalah slot yang dikhususkan untuk pemasangan kepingan memori.Pada PC ada 3 jenis slot memori yang digunakan secara umum, yaitu:

SIMM ( Single In Line Memory Module )

Yaitu, slot memori yang berwarna putih dan digunakan untuk pemasangan modul memori berjenis SRAM dan EDORAM.Dalam pemasangan memori dengan slot ini kepingan harus dalam jumlah genap ( minimal 2 keping ).

DIMM ( Double In Line Memory Module )

Yaitu, slot memori yang berwarna hitam atau biru yang digunakan untuk pemasangan modul memori ( RAM ) dengan jenis SDRAM dan DDRAM. Dalam pemasangan pada slot ini kepingan memori yang terpasang tidak harus dalam jumlah yang genap.

                                                                Gambar Slot RIMM



RIMM ( Rambus In Line Module Memori )


Yaitu, slot yang berwarna hitam atau biru yang digunakan untuk memasang memori berjenis RDRAM. Perbedaan yang mencolok antara soket DIMM dengan RIMM hanya terletak pada Jumlah cekungan yang ada ditengah – tengah slot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar